Sabtu, 22 Februari 2014

Gangguan Haid Pada Wanita






Gangguan Haid Pada Wanita - Haid atau menstruasi merupakan kodrat dari seorang wanita. Hal ini normal terjadi bagi setiap wanita, Haid merupakan suatu proses pembersihan darah pada organ kewanitaan wanita. Namun diantara kaum wanita sebagian ada yang memiliki masalah dalam haid ini.

Contoh masalah yang sering dialami oleh beberapa wanita dengan Haid ini umumnya adalah ada yang tidak mengalami haid sama sekali dan ada juga yang mengalami haid yang berkepanjangan. Sedangkan jarak yang normal haid adalah sekitar kurang dari 21 hari atau lebih dari 10 hari. Berikut ini beberapa macam gangguan Haid :

Amenore

Amenore adalah suatu gangguan haid pada wanita yang tidak mengalami haid sama sekali. Ciri-ciri wanita yang mengalami Amenore adalah : Wanita yang tidak mengalami haid selama 5 bulan dari haid yang terakhir. Nah... untuk kasus amenore dibedakan menjadi dua yaitu amenore primer dan amenore sekunder.

Amenore primer adalah : sebutan bagi mereka yang yang tidak pernah mengalami haid, Hal ini dapat disebabkan karena adanya permasalahan hormonal, selain itu adanya gangguan sejak lahir.

Amenore sekunder adalah : Sebutan bagi mereka yang pernah mendapatkan haid tapi berhenti haid karena adanya gangguan ovulasi. Hal ini bisa disebabkan yaitu penggunaan Pil KB, dalam keadaan hamil, stress, diet yang tidak sehat.

Sindrom Pra Haid

Merupakan kumpulan dari gejala fisik, emosi dan perilaku lainnya yang terjadi pada minggu terakhir atau seminggu sebelum haid. Gangguan ini biasanya dialami saat 13 hari sebelum haid dan biasanya akan selesai kurang lebih sekitar 4 hari setelah keluarnya dara haid.

Ciri - ciri yang dialami yakni perasaan menjadi lebih peka, mudah tersinggung, sering depresi, Payudara bengkak dan lembek, Muncul banyak jerawat, Gairah seks menurun, sulit tidur Dll.

Dismenore

Merupakan problem haid yang terasa amat menyakitkan. Rasa sakit ini biasanya timbul pada perut bagian bawah yang rasa sakitnya mampu menjalar sampai punggung dan paha. Rasa nyeri dan keram merupakan akibat adanya kontraksi pada rahim. Perasaan sakit ini terjadi pada saat awal pendarahan dan akan berlangsung selama 32 hingga 48 jam.

Untuk problem Dismenore dapat dilakukan beberapa hal sebagai berikut dengan menggunakan obat anti inflamasi. Mengkompres dengan botol yang telah diisi dengan air panas atau dengan mandi menggunakan air hangat.

Menoragia

Merupakan terjadinya pendarahan yang hebat saat haid. Normalnya wanita yang sedang haid umumnya kehilangan darah kurang lebih 30 ml selama 7 hari. Akan tetapi jika pendarahan lebih dari 7 hari dan intensitas darah yang keluar banyak sekali sekitar 80 ml dapat dikategorikan kedalam Menoragia.

Pendarahan Abnormal

Hal ini bisa terjadi diantara periode haid,  Setelah monopause, dan setelah melakukan hubungan badan. Akan tetapi yang mengakibatkan pendarahan abnormal disebabkan oleh adanya beberapa penyakit diantaranya  sebagai berikut : polip bahkan bisa jadi kanker. 

Cegah Nyeri Saat Haid

  • Jangan mengkonsumsi gorengan
  • Hindari mengkonsumsi makanan olahan seperti makanan kaleng 
  • Berhenti merokok dan jangan dekat-dekat orang yang sedang merokok
  • Konsumsi produk susu 
Bagi bunda dan sista yang sedang mengalami jadwal haid tidak teratur dari jadwal yang biasanya, Pakai Crystal X siklus haid menjadi teratur. Tenang saja bunda crystal x sangat aman untuk digunakan dalam jangka panjang karena sudah memiliki ijin resmi dari BPOM dan mendapatkan sertifikat Halal dari MUI. Jadi sudah bisa dipastikan Aman. 

 Demikian Penjelasan Dari Saya Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar